Jumat, 19 Juli 2013

tempat wanita malam surabaya

Melirik ‘Wisata Prostitusi’ Kota Surabaya (Bagian 1)

Oleh: Muhammad Choirul A.
Larut malam di Surabaya, saat kebanyakan orang tengah tertidur pulas, terdapat tempat-tempat yang tiap malamnya tetap beraktivitas layaknya siang hari. Di beberapa tempat tersebut, beberapa wanita bertubuh seksi dengan pakaian minim menunggu pria-pria yang sedang mencari pasangan untuk memenuhi kebutuhannya akan seks. Di beberapa lokasi lainnya, ada wanita-pria (waria) yang juga menawarkan jasa untuk melayani ‘tamu’nya.

Ya, tempat-tempat itu merupakan tempat prostitusi yang banyak tersebar di kota berjuluk Kota Pahlawan. Di antara tempat-tempat tersebut ada yang legal karena berada dalam suatu kawasan yang telah mendapat izin mendirikan bangunan yang digunakan sebagai tempat prostitusi. Lainnya? Ilegal tentu saja. Terletak  di pinggir sungai, rel kereta api dan di kawasan pemakaman.

Sebagai arek Suroboyo, saya tentu tahu sedikit-banyak tentang keberadaan lokalisasi-lokalisasi

tersebut. Beberapa tempat lokalisasi yang ada di Ibukota Provinsi Jawa Timur itu seperti Dolly, Jarak, Bunderan Waru, Stasiun Kereta Api (KA) Wonokromo, Makam Kristen Kembang Kuning, Moroseneng, Stasiun KA Kandangan-Banjar Sugihan, Stasiun KA Tandes, Kremil, Bangunsari, Irian Barat, dan mungkin masih banyak lagi lokalisasi yang belum saya ketahui.

Malam itu (22/09), saya bersama beberapa wartawan Perspektif memutuskan untuk jalan-jalan menelusuri beberapa lokalisasi. Selain untuk mengamati fenomena sosial di kawasan tersebut, jalan-jalan ini juga sekaligus untuk memuaskan rasa penasaran dari beberapa wartawan Perspektif yang berasal dari luar Surabaya. Intinya, kami ingin tahu dan ingin menjamah secara langsung lokalisasi yang ada di Surabaya.

Kami awali perjalanan dengan mengunjungi Bunderan Waru. Di tempat ini, banyak waria yang menawarkan jasa di pinggir jalan dan di dalam semak-semak Bunderan Waru. Di antara semak-semak dan pepohonan, ada satu tenda kecil yang digunakan para waria untuk melayani tamunya secara bergantian. Sesekali terlihat pria yang sedang melakukan tawar-menawar dengan waria di pinggi jalan.

Meski terlihat seperti wanita karena memiliki buah dada, kebanyakan waria di sini masih belum sanggup menutupi ciri-ciri fisiknya sebagai seorang pria. Terlihat jelas otot lengan dan kakinya yang besar, juga raut wajah yang masih menunjukkan sisi maskulinitas.

Saya sempat berbicara dengan salah seorang waria. Kami duduk di trotoar jalan, sekadar basa-basi dan berbagi rokok. Awalnya ia mengira saya hendak menyewa dan menggunakan jasanya. Namun setelah saya mengatakan ingin sedikit melakukan wawancara, waria yang memiliki tato di lengan kanannya itu menolak, lalu pergi.

Perjalanan kami lanjutkan ke Stasiun KA Wonokromo. Situasi malam hari di sepanjang rel sangat berbeda dengan siang hari. Jika pada pagi hingga sore hari kawasan ini ramai oleh para penumpang dan petugas stasiun KA, malam harinya kawasan ini diramaikan oleh Pekerja Seks Komersial (PSK). Kebanyakan PSK di stasiun ini sudah tidak muda lagi. Itu terlihat dari raut wajah serta lekuk tubuh mereka yang tak lagi molek. Mereka ditemani para pria hidung belang, serta segerombolan orang yang sedang bermain judi.

Di tempat ini terdapat beberapa tenda dan warung dengan pencahayaan yang minim dari lilin kecil. Tenda-tenda yang terbuka di bagian depan dan belakangnya ini rupanya menjadi tempat para PSK melakukan pijat ‘plus-plus’. Ada juga beberapa tenda tertutup yang digunakan para PSK untuk berhubungan seks dengan tamunya secara bergantian. Sekali masuk tenda, para PSK dikenai biaya Rp 5 ribu oleh pemilik tenda.

Suasana di sini sangat kaku. Tak ada canda dan tawa sama sekali. Banyak orang mabuk dengan paras yang menyeramkan. Di tengah rasa ketakutan, kami memberanikan diri untuk terus berjalan hingga berhenti di sebuah warung. Pemilik warung tersebut adalah seorang pria (sebut saja namanya Paijo). Sepertinya ia orang baik-baik. Warung tersebut  hanya menyediakan makanan dan minuman, tidak menyediakan PSK seperti mayoritas warung lain di lokasi tersebut.

Kami sempat ngobrol dengan pemilik warung ini. Menurutnya, tarif PSK di sini berkisar antara Rp 30 ribu sampai Rp 50 ribu untuk sekali crot (istilah untuk berhubungan seks bebas dengan PSK di wilayah ini). Kebanyakan PSK di Stasiun KA Wonokromo merupakan pendatang dari luar Kota Surabaya. “Ada yang nge-kos di sekitar sini, ada juga yang tiap hari pulang-pergi dari kota asalnya. Ada dua orang (PSK, Red) dari Jombang yang kalau sore naik kereta ke sini, paginya balik lagi ke Jombang naik kereta

yang shubuh,” papar Paijo. Pria ini juga mengungkapkan, bahwa setiap hari ada oknum polisi berpakaian preman yang meminta pungutan di lokalisasi liar tersebut

Surabaya, surga hiburan malam
KALAU soal jumlah pemasukan lewat pajak hotel dan restoran (PHR), boleh jadi Pemkot Surabaya kalah dengan Badung. Badung tahun 2001 mendulang Rp 314 milyar lebih, sedangkan Surabaya hanya Rp 49 milyar lebih. Namun, soal rekreasi dan hiburan umum, nanti dulu. Buktinya, pajak hiburan di Surabaya tahun 2001 mencapai Rp 7,5 milyar, sedangkan Badung baru Rp 1,5 milyar.

Soal hiburan malam di kota buaya ini memang sorganya. Segalanya tersedia. Mulai hiburan ringan, klub malam, bar, karaoke sampai yang high class dengan fasilitas lengkap tersedia. Hampir semua restoran menyediakan penyanyi yang siap dipanggil kapan saja. Cukup dengan Rp 300.000, penyanyi klub malam sudah siap menghibur. Bahkan kalau pintar merayu, bisa di-booking. Begitu pula karaokenya, hampir sama dengan Bali. Terasa tak lengkap kalau tak ada CO-nya (cewek orderan).

Sekadar jalan-jalan atau melihat suasana malam di kota buaya memang tak akan bosan, menikmati apalgi. Kalau mau yang kelas murahan, tengoklah tempat hiburan malam di kampung Doly. Ada semacam ''akuarium'' yang berisi wanita-wanita yang siap melayani pelanggan. Karena seperti akuarium, maka orang yang lewat bisa ''membeli'' atau sekadar cuci mata. Kampung ini memang terkenal dan selalu ramai siang malam. Tetapi bagi mereka yang ingin masuk lebih dalam, setidaknya Rp 100.000 sudah mendapat segalanya. Bahkan, masih ada susuk. Mulai dari minuman ringan, camilan ringan termasuk berkencan. Namun, bagi yang merasa risi dengan ceweknya, misalnya khawatir tertular penyakit seksual, bisa menolak ajakan kencan atau gunakanlah kondom.

Bagi yang berduit bisa meninjau sebuah kompleks ruko yang cukup megah di Kawasan Darmo. Darmo Park namanya. Sebuah ruko bertingkat seluas 1 hektar. Di sini sudah komplit tersedia. Mulai dari salon (lantai I), pijat plus (II), sampai ruang untuk bermalam (III). Sepintas melihat dari jalan, tampak cewek-ceweknya lebih berani. Begitu berada di depan jalan, CO dengan pakaian minim menantang sudah siap menyapa. Mereka pun sudah menyiapkan atraksi khusus agar tamu dengan suka rela bisa singgah ke dalam.

Dari sejumlah informan yang biasa mengantar tamu ke sana, untuk sebuah layanan short time cukup Rp 150.000 s.d. Rp 200.000, sudah komplit. Mulai dari pijat biasa sampai pijat plus dilayani. Bagi yang malas, enggan jalan-jalan keluar hotel, jangan kaget, cukup pesan di operator, tamu ''tak diundang'' siap menggedor pintu kamar melayani keperluan Anda. Itulah Surabaya yang menyediakan sekitar 200 karaoke, pub, kebugaran, salon kecantikan, pijat dengan 20 diskotek. Sayangnya, jumlah diskotek itu dibatasi lagi sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Pendapatan Surabaya Drs. EC Muhtadi, M.M. karena sudah mendekati jenuh.

Tak Tertarik Bugil
Fasilitas hiburan -- terutama hiburn malam -- di Surabaya memang lebih banyak dan bervariasi. Di Badung, kata Kadis Pariwisata Oka Darmawan, S.H. Rabu (22/5) kemarin di Kuta, karaoke 10 buah dengan satu diskotek. Tampaknya yang lebih banyak justru salon kecantikan dan spa 58 buah, pusat kebugaran 12, panggung pertunjukkan 15, panti pijat 10, pijat refleksi 3, bola ketangkasan 9.

''Kalau karaoke sejak tahun 2001 agak sepi,'' katanya. Bagaimana dengan tarian bugil yang sempat dihebohkan itu, Oka Darmawan mengaku belum ada karaoke yang khusus menyediakan itu. Tetapi kalau sekadar cewek berpakaian tipis dengan perpaduan lampunya, ada karaoke yang menyediakan. ''Tetapi itu tak banyak, karena daya tarik pariwisata bukan itu,'' kilahnya tanpa merinci.

Soal tarian bugil, dia meyakinkan wisatawan mancanegara tak tertarik karena kebiasaan telanjang sudah lazim di negaranya. Namun yang namanya pariwisata, menjual image serta keunikan suatu kawasan tetap diperlukan sebagai bagian Sapta Pesona. ''Tetapi bukan tarian bugil lho,'' selorohnya.

Oka Darmawan tak memungkiri kondisi objektif hiburan malam di Badung masih sampai pukul 03.00 dini hari, karena menjelang tengah malam tamu-tamu baru datang ke tempat hiburan. ''Yang penting etika dengan tetangga tetap diperhatikan, misalnya suara tak terlalu keras,'' ujarnya. Semua keluwesan itu diberikan agar wisatawan merasa nyaman. Sebuah kiat menyiasati ketatnya persaingan antardestinasi.
'/>

20 komentar:

  1. SAYA IBU RINA, SAYA HANYA INGIN BERBAGI CERITAH DENGAN KALIAN,PENGGILAH TOGEL, AWALNYA NAMA ITU SAYA HANYA KULIT BAGUNANG, ANAK SAYA DUA,ISTRI HANYA PENJUAL NASI BUKUS, EKONOMI KAMI SANGAT PAS-PASAN, HUTAN TAMBAH MENUMPUK, ANAK SAYA JUGA MAU BIAYA SEKOLAH, SAYA AKHIRNYA ADA TEMAN LANSUNG KASIH NOMOR HP MBAH SIGIT KATANYA DIA BISA MEMBANTU ORANG SUSAH JADI SAYA LANSUNG HBU MBAH SIGIT DAN MENCERITAKAN SEMUANYA,TENTENG KELUARGA KAMI AKHIRNYA DI KASIH ANGKA GAIB [4D ,9491] TEMBUS,DENGAN ADANYA MBAH SIGIT ,SAYA SEKELUARGA BERSUKUR SEMUA UTANG SAYA LUNAS BAHKAN SEKARANG SAYA SUDAH BUKA USAHA BERMINAT HUB MBAH SIGIT DI NOMOR INI , 0853 2290 3889 TERIMAH KASIH...............?

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. hi..nama saya Rendy Oi..domisili di surabaya..jika ada wanita yang pengen curhat segala macam masalah dan sekaligus pengen pijat refleksi bisa call or sms ya : 083857001148..
    putih dan sopan..
    yang serius ya..

    Terima kasih

    BalasHapus
  4. MBAK LIS PIJAT CAPEK CAPEK SURABAYA DIPANGGIL HUB 082318886863 , 085645161326

    BalasHapus
  5. MBAK LIS PIJAT CAPEK CAPEK SURABAYA DIPANGGIL HUB 082318886863 , 085645161326

    BalasHapus
  6. Ada cew surabaya kh yg muda .. Sekarang

    BalasHapus
  7. ibu sittti bandung,saya sangat-sangat ingin berterimakasih kepada mbah suko,karna berkat beliau saya di berikan angka togel yg sangat jitu.saya kemari menang 4d ( 823 )saya mnang 100 lembar,,tgl: 22/03/2015.....Anda ingin seperti saya hub >mbah suko :082339539748

    BalasHapus
  8. Butuh massage area surabaya? Only call to hotel n apart. Add my pin 5A1E0737. Mengutamakan massage terlebih dahulu.

    BalasHapus
  9. http://beritapolitikterkini1945.blogspot.com/2017/05/vipdomino-agen-judi-terpercaya-dan-aman.html

    BalasHapus
  10. http://beritapolitikterkini1945.blogspot.com/2017/05/update-tragedi-bom-konser-ariana-grande.html

    BalasHapus
  11. https://cewekcantikvscowok.blogspot.com/2013/07/tempat-wanita-malam-surabaya.html?showComment=1495575623133#c3651555093561667234

    BalasHapus
  12. BINGO4D Bo Togel NO 1 Aman, Bonafit dan Terpercaya
    Dengan Cs Fast Respon 24/7, proses depo Wd Tidak sampai 2 menit
    dan yang pasti Menang berapapun pasti kami bayar .

    9 Pasaran Resmi di BINGO4D :
    1. Sydney (Tutup 12:00WIB – Result 14:00WIB)
    2. SAKONGSA (Tutup 14:30WIB - Result 15:00WIB)
    3. Batam (Tutup 16:30WIB – Result 17:00WIB)
    4. Singapore (Tutup 17:20WIB – Result 17:45WIB)
    5. Singapore45 (Tutup 17:20WIB – Result 17:45WIB)
    6. Malaysia (Tutup 18:30WIB – Result 19:00WIB)
    7. Genting (Tutup 18:30WIB – Result 19:00WIB)
    8. Indonesia ( Tutup 19:30WIB - Result 20:00WIB)
    9. Hongkong (Tutup 22:00WIB – Result 23:00WIB)

    Promo dr BINGO4D :
    * Bonus New Member 10% || Depo Awal Min 20rb
    * Diskon Terbaik 2D : 29%|3D : 59%|4D : 66%
    * Refferal 1% Seumur Hidup

    Bank Support :
    BCA – MANDIRI – BNI – BRI

    Link : : http://www.Bingo4d.com
    Link Mobile : wap.Bingo4d.com

    Contact Person =
    BBM : D8A2C1E5
    Line : BINGO4D
    Whatsapp : +63 9773805532

    BalasHapus
  13. TAIPANQQ .INFO | TAIPANQQ .ORG
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE

    http://tasyataipanqq.blogspot.sg/2017/11/8-kreativitas-tiang-listrik-yang-di.html

    BalasHapus
  14. JUAL OBAT ABORSI MANJUR

    JUAL OBAT ABORSI AMPUH

    JUAL OBAT ABORSI AMAN

    JUAL OBAT ABORSI TUNTAS

    JUAL OBAT TELAT HAID

    INGAT DAN HATI-HATI Banyak Penipuan, OBAT ABORSI AMPUH tidak ada warna lain selain warna putih & bentuknya cuma segi enam bukan yang lain dan isi paket sama yang beda dosis obatnya saja, dalam isi paket ada Tiga jenis obat yaitu : Cytotec misoprostol 200mcg, Mifeprex / mifepristone 200mcg dan pembersih.
    PEMESANAN OBAT ABORSI AMPUH LEBIH NYAMAN VIA SMS:

    No.HP: 089664603994

    WHATSAPP : 089664603994

    PIN BBM: D7A1616C

    BalasHapus